Semua Hal Mengenai Recycle Bin yang Wajib Kamu Ketahui

Saat Kamu menghapus data atau file melalui sistem operasi Windows. Sebenarnya data tersebut tidaklah benar-benar terhapus atau cuman dihapus sementara di tong sampah yang disebut sebagai Folder Recycle Bin.

Recycle Bin merupakan folder penyimpanan sementara yang dipakai saat Kamu mau menghapus data.

Namun nggak ingin menghapusnya secara permanen dan suatu saat Kamu dapat mengembalikan data yang sudah dihapus sebelumnya.

Semua Hal Terkait Recycle Bin

Berikut ini ada beberapa info dan beberapa hal menurut Nirvanaharapan yang dapat Kamu lakukan apabila mengoptimalkan folder penyimpanan sementara tersebut.

Yuk, kita simak ulasannya sampai akhir!

1. Mengembalikan File yang Terhapus

Agar bisa mengembalikan file yang terhapus itu ada beberapa cara.

Pertama Kamu boleh buka Folder Recycle Bin, lalu klik kanan dan klik kiri untuk memilih Restore. Maka otomatis, file yang terhapus sebelumnya akan masuk ke folder sebelum file tersebut Kamu hapus.

Kalau Kamu lupa meletakkan folder sesaat sebelum dihapus.

Maka setelah klik kanan pada file yang mau dikembalikan tersebut, Kamu boleh pilih Cut. Setelah itu, Kamu pastekan di folder manapun.

Kalau mau lebih simpelnya, Kamu boleh drag n drop atau geser sambil ditekan, lalu pilih folder manapun.

Selanjutnya Kamu boleh melepaskannya pada folder tersebut.

2. Menghapus File Secara Permanen

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, Recycle Bin itu merupakan tempat penyimpanan sementara file-file yang sudah kita hapus. Lantas, gimana cara untuk bisa menghapus file tersebut secara permanen?

Mudah banget kok caranya!

Setelah masuk Folder Recycle Bin, Kamu klik kanan dan pilih delete. Maka otomatis file tersebut akan terhapus secara permanen.

Ingat! Sebelum Kamu menghapusnya secara permanen, wajib pertimbangkan dulu baik-baik ya.

3. Mengatur Batasan Kapasitas File

Saat Kamu menghapus file dengan ukuran 100 MB, maka Recycle Bin akan menampungnya.

Begitu juga kalau Kamu menghapus file dengan ukuran sampai 10 GB. Namun, apakah ada batasan ukuran file atau data yang ditampung di folder tersebut?

Jadi, saat Kamu menghapus file kemudian ditampung di lokasi penampungan, Kalau Kamu tidak pernah membersihkannya, maka otomatis file yang lama akan terhapus.

Hal itu dikarenakan ada batasan ukuran yang ditampung.

Walaupun begitu, Kamu juga boleh kok mengatur batasannya itu.

Nah, langkah pertama adalah setelah Kamu masuk ke Folder Recycle Bin. Kamu boleh klik kanan dan pilih Properties.

Selanjutnya Kamu boleh tentukan dimana Recycle Bin akan ditampung di salah satu partisi Hardisk di laptop Kamu. Setelah itu, Kamu dapat mengatur kapasitas di menu Custom Size.

Demikianlah info yang dapat saya sampaikan, saran saya untukmu pengguna sistem operasi Windows. Ada baiknya Kamu paham informasi mengenai Recycle Bin yang sudah dijelaskan di atas.

Karena memang mempunyai banyak sekali manfaatnya. Oke deh, semoga artikel kali ini dapat berguna buat Kamu semuanya dan terima kasih.