4 Pekerjaan Freelance yang Cukup Menjanjikan!

Pekerjaan Freelance

Freelance merupakan seseorang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan seorang klien ataupun orang yang memberikan pekerjaan tersebut. Umumnya kontrak kerja freelance sendiri cuma berisi proyek yang akan dikerjakan, biaya & waktu untuk pengerjaan.

Contohnya: Seseorang meminta pekerja freelance untuk dibuatkan sebuah website. Seorang freelancer akan mengerjakan proyek sesuai dengan permintaan, dan bila pekerjaan telah selesai, kontrak pun selesai.

Orang yang melakukan pekerjaan freelance ini disebut dengan freelancer . Mereka mampu bekerja dimanapun dan kapanpun baik itu di rumah, cafe maupun tempat lain yang mana tanpa harus datang ke kantor, berpakaian formal, datang jam 7 pulang jam 4 dan lain-lain.

Seorang freelancer juga merupakan bos untuk dirinya sendiri. Freelancer juga harus bisa mengatur waktu, resistensi dan lainnya. Meskipun mereka bebas, ada tugas pekerjaan klien yang harus diselesaikan tepat waktu.

Freelancer sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu freelancer Full time & Part time. Freelancer Full time adalah seseorang yang seluruh pekerjaan dan penghasilannya dari kerja freelance dan freelancer part time adalah seseorang yang bekerja freelance sebagai sampingan untuk mengisi waktu kosong dan memperoleh penghasilan tambahan.

Nah, untuk Anda yang ingin pendapatan besar tapi tidak ingin terikat dengan jam kantor? Kalau begitu berikut beberapa pekerjaan freelancer yang patut Anda coba.

Kelebihan & Kekurangan Sebagai Pekerja Freelance

Adapun kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan pekerjaan freelancer ini, diantaranya:

Kelebihan

  • Tidak Terikat Jam Kerja

Pekerjaan freelance dinilai bukan dari kehadiran absensi kantor melainkan dari hasilnya.  Hal ini akan membuat pekerjaan freelance sangat pas untuk orang yang memiliki masalah dengan waktu tapi masih tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lancar.

  • Bebas Lokasi Bekerja

Menjadi seorang freelance juga mempunyai keuntungan tidak diwajibkan hadir di kantor. Hal ini membuat pekerjaan freelance pas untuk mereka yang mau menghindari terjebaknya kemacetan, ataupun untuk mereka yang ingin melakukan pekerjaan remote antar kota ataupun negara sekalipun.

  • Pendapatan

Pendapatan didapat oleh seorang pekerja freelancer sendiri bersifat fluktuatif /bisa dibilang belum fix. Pendapatan yang dihasilkan akan tergantung dari jumlah proyek yang dia kerjakan. Ini membuat freelancer bisa mengatur apakah ingin mendapatkan pendapatan lebih atau tidak setiap bulannya.

  • Prospektif

Banyak perusahaan diluar sana yang membutuhkan seorang freelancer, hal ini terbukti dengan banyaknya situs penyedia jasa freelance yang muncul saat ini. Jadi, bisa dikatakan bahwa kesempatan untuk menjadi seorang freelancer masih banyak peluang.

Kekurangan

  • Fasilitas Pendukung

Perusahaan tidak memberikan fasilitas yang lengkap, dikarenakan seorang freelance tidak mempunyai perusahaan yang tetap, maka seorang freelancer biasanya tidak akan difasilitasi asuransi dan fasilitas lainnya.

  • Sulit Bersosialisasi

Kekurangan selanjutnya adalah sulitnya bersosialisasi, karena tidak memiliki perusahaan yang tetap dan tidak diwajibkan pergi ke kantor, biasanya freelancer akan kesulitan bersosialisasi dan sulit untuk memiliki teman.

  • Status Sosial

Bagi sebagian orang khususnya di tahun 80-an, jabatan dan pekerjaan yang settle di satu perusahaan merupakan sebuah keharusan. Hal ini sering menimbulkan kesalahpahaman bahwa freelancer merupakan seorang pengangguran, nyatanya bukan begitu.

Contoh Pekerjaan Freelance

1. Penulis Freelance

Penulis merupakan salah satu pekerjaan freelance yang banyak digunakan untuk mencari pekerjaan sampingan. Apalagi kebutuhan untuk artikel konten yang berkualitas, saat ini semakin mengalami perkembangan  seiring dengan perkembangan dunia digital & internet.

Untuk menjadi seorang penulis freelance diperlukannya kemampuan membuat tulisan yang menarik, rapi, dan juga terstruktur. Selain itu juga dibutuhkan komitmen yang tinggi dan manajemen waktu yang baik agar bisa menyelesaikan deadline dengan tepat waktu.

Penulis freelance nantinya akan dibayar per artikel, per bulan, maupun per proyek, tergantung kesepakatan awal dengan klien.

2. Jasa Desain Grafis

Untuk Anda yang memiliki kemampuan skill editing, Anda dapat memanfaatkan skill tersebut untuk menjadi jasa desain grafis. Karna  jasa ini merupakan salah satu pekerjaan freelance yang menjanjikan.

Selain jasa membuat desain grafis, Anda juga bisa menjual template desain, seperti template logo, template presentasi, template poster dll.

Sekarang ini, jasa desain grafis sangatlah dibutuhkan, apalagi perusahaan yang membutuhkan desain pada produknya, seperti halnya jasa pembuatan neon box surabaya ini.

3. Jasa Arsitek

Pekerjaan freelance selanjutnya ada jasa arsitek, yang mana saat ini masih banyak dibutuhkan untuk membangun rumah yang nyaman, elegan dan kekinian. Oleh karena itu, tak heran jika jasa arsitektur juga semakin dibutuhkan.

4. Kursus Online

Untuk Anda yang memiliki hobi mengajar, Anda bisa memilih pekerjaan freelance sebagai penyedia kursus online. Sama seperti kursus pada umumnya, hanya saja penyampaian materi dan diskusinya melalui media online.

Nantinya materi akan disampaikan secara berkala agar peserta kursus bisa memahami materi tahap demi tahap.

Demikianlah empat pekerjaan freelance yang paling banyak dicari sekarang ini. Nah, jika Anda memiliki kemampuan tambahan seperti bisa bahasa asing yang baik, Anda bahkan dapat mendapatkan pekerjaan freelance dari perusahaan di luar negeri.

Sangat menarik untuk dicoba, bukan?