Pahala dan Keutamaan Umroh dalam Hadits

pahala umroh

Umroh merupakan salah satu ibadah yang didambakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain keutamaan & pahala umroh itu sendiri, bisa mengunjungi tanah kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah keinginan semua ummatnya.

Kita sebagai ummat Muslim pasti ingin melihat Ka’bah secara langsung dengan mata kepala sendiri. Juga amat ingin napak tilas perjuangan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam dakwah beliau.

Melihat Masjid Nabawi, gua Hira’, kota suci Mekkah dan Madinah seakan membawa kita flashback dengan sejarah-sejarah yang pernah terjadi di sana. Ditambah lagi dengan keutaaman-keutamaan yang Nabi shallallahu alaihi wa sallam sebutkan ttg menunaikan ibadah umroh dan haji di sana.

Lalu apa keutamaan dan pahala umroh & haji yang Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebutkan dalam hadits-hadtisnya ?

Akan kita bahas dalam artikel ini, simak sampai akhirnya yaa..

Menggugurkan Dosa-Dosa

umroh menggugurkan dosa
unsplash.com/anna-sullivan

Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa pahala dari umroh adalah penghapusan dosa yang telah lewat. Berikut lafal haditsnya:

عَنْ أبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُ: أنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: «العُمْرَةُ إِلَى العُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا، وَالحَجُّ المَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلا الجَنَّةُ». متفق عليه.

Artinya:”Antara umroh ke umroh yang lain merupakan penggugur dosa antara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.”

Keutamaan yang disebut di hadtis tersebut bisa kita raih jika melaksanakan umroh 2 kali atau lebih.

Pahala Umroh ketika Ramadhan

Imam Ahmad meriwayatkan dalam kitab Musnadnya, bahwa pahala umroh ketika bulan Ramadhan itu setara dengan pahala haji:

عُمرةٌ في رمضانَ تعدِلُ حَجَّةً

Artinya:”Umroh di bulan Ramadhan itu menyamai (pahala) haji.”

Dari hadits ini kita bisa memahami bahwa umroh pada saat Ramadhan mempunyai keutamaan yang lebih besar daripada umroh di bulan lainnya. Hal itu tentu saja diikuti dengan biaya travel umroh yang lebih mahal.

Pahala Shalat di Masjidil Haram dan Nabawi

pahala shalat di masjidil haram & nabawi
unsplash.com/ryan-pradipta-putra

Jika kita melaksanakan umroh, maka sekaligus kita mendapatkan kesempatan untuk menunaikan shalat di 2 masjid mulia ini. Apa pahala dan keutamaannya ?

صلاةٌ في مسجِدي أفضلُ من ألفِ صلاةٍ فيما سواهُ إلَّا المسجدَ الحرامَ وصلاةٌ في المسجدِ الحرامِ أفضل من مائةِ ألفِ صلاةٍ فيما سواهُ

ِArtinya: “Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama daripada seribu shalat di masjid-masjid lainnya. Kecuali (shalat) di Masjidil Haram, lebih utama daripada seratus ribu shalat di masjid-masjid lainnya.”

Bayangkan saja jika kita menunaikan ibadah umroh selama 10 hari, berapa kesempatan yang bisa kita dapat untuk kemuliaan shalat di 2 masjid ini. Baik shalat sunnahnya ataupun shalat wajib 5 waktu.

Pahala Thawaf saat Umroh

pahala thawaf saat umroh
merdeka.com

Dalam umroh, kita tahu bahwa thawaf adalah salah satu rangkaian rukun umroh yang harus kita laksanakan. Namun, secara umum thawaf merupakan ibadah tersendiri yang dilaksanakan dengan mengitari Ka’bah disertai dengan niat dan doa-doa tertentu.

Artinya, kapanpun thawaf bisa dilakukan di luar rangkaian ibadah haji dan umroh. Ibnu Qudamah menerangkan bahwa thawaf itu seperti halnya shalat, jika seseorang datang ke Masjidil Haram disunnahkan terlebih dahulu melakukan thawaf sebelum shalat sunnah.

Keutamaan thawaf yang tersebut dalam hadits diriwayatkan oleh Imam At-Turmudzi dari Ibnu Umar radhiyallahu anhu:

مَن طاف بهذا البيتِ أُسْبوعًا فأحصاه، كان كعِتْقِ رقبةٍ؛ لا يضَعُ قَدَمًا، ولا يرفَعُ أخرى، إلَّا حَطَّ اللهُ عنه بها خطيئةً، وكَتَبَ له بها حسنةً

Artinya: “Barangsiapa yang thawaf di rumah ini (Ka’bah) selama satu pekan kemudian dia menyempurnakannya, hal itu seperti (pahala) memerdakakan budak; tidaklah menapakkan kakinya dan mengangkat kaki lainnya kecuali Allah gugurkan darinya satu dosa dan mencatatkan satu pahala.

Secara keseluruhan, beberapa hal di atas adalah kesempatan untuk kita meraih pahala dan keutamaan saat melaksanakan umroh di tanah suci Mekkah dan Madinah. Selain itu masih banyak lagi pahala dan kebaikan yang bisa kita panen saat melaksanakan umroh maupun haji.

Semoga kita semua mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah umroh dan menjadi tamu Allah yang dipanggil berkunjung ke rumahNya. Amiin ya rabbal alamin.